Kreatif, Imajinatif, edukatif dan Prospektif

Mengupas Sistem Kinerja dari Video Conference EDISI 1

Huhhhh…..Pertama ucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya nggk bosan2 untuk mengisi blog ini. habis untuk mengisi kekosongan,  nggk tau mau ngapain lagi. saya akan mencoba belajar mengupas sedikit permasalahan video konference yang saya juga baru tau nih.. he..he

baiklah saya akan coba kupas topik ini, tetapi sepertinya ini adalah edisi pertama, karena setelah saya baca2 juga. perihal video konference ini sangat banyak. jadi saya akan bagi dalam beberapa edisi. karena saya juga baru belajar nih. harap maklum.

Video konference past ikita sudah tau, karena klo orang udah masuk ke dunia internet pasti pernah kenal dengan yang namanya chating.  saya akan sederhanakan lagi bahasanya, sewaktu kita chating misalnya nih ya, kita menggunakan yahoo messenger (ym).

yahoo mesengger yang merupakan apliksi singkat komunikasi yang dikeluarkan oleh yahoo ini memiliki beberapa kelengkapan diantaranya bisa chat (mengobrol) lewat tool seperti kita mengirim sms, dengan mengetikan apa yang ingin kita bicarakan ke kolom tulisan. atau cara kedua kita bisa memanfaatkan camera dan voice sebagai perantara untuk komunikasi, sehingga akan terasa lebih dekat. ehhhhhmmm ahaayyo

oke saya lanjutkan, nah komunikasi dengan cara kedua tersebut bisa dikatakan seseorang tersebut telah berkomunikasi dengan video konference. Tetap belum seluruhnya benar, karena yang namanya video conference harus menghubungkan beberapa video yang menampilkan seseorang dengan orang lain yang berbeda tempatnya. namanya juga conference (klo dalam bahasa kampungnya harus lebih dari 2 orang geng).

beghhhh,, udah mulai jenuh nih membahasnya  🙂  okelah saya akan singkat ke bahasa yang sangat..sangat sederhana. mudah2an paham ya???

Misalnya si A dimedan, Si B di Jakarta, dan Si C di pekanbaru (kyknya saya nih orangnya….Begghhhh). mereka bertiga ingin adanya komunikasi dalam satu waktu, diwaktu yang sama namun tidak harus ditempat yang sama. untuk itu mereka memanfaatkan fasilitas video conference sebagai perantara pertemuannya, yang jelas prinsip kerja video conference ini sama dengan ym yang kita gunakan sewaktu chating. prinsip dasarnya harus ada jaringan, in/out Video, in/Out Voice.

Jaringan /Network : Jalan untuk mengirim paket data, sama halnya seperti kita pergi dari kota A ke kota B, tentu harus ada yang namanya Jalan atau Jalur baik itu darat, udara atau laut. klo nggk ada jaur dari kota A ke kota B, gimana ya seseorang bisa sampai dari kota A ke kota B (JIN KALI ACHHH.. 😕  )

Selanjutnya adalah in/Out Video. artinya harus ada alat yang berfungsi sebagai penerima dan mengeluarkan Video tersebut. dalam bahasa sederhananya seperti ilustrasi diatas. seseorang berangkat dengan jalur darat dari kota A ke kota B pasti menggunakan suatu alat seerti mobil, atau motor atau bisa sepeda barangkali( klo dari pekanbaru ke medan keren juga tuh….). jadi alat yang digunakan sebagai penangkap gambar kita itu adalah Kamera dan untuk mengeluarkan gambar kita bisa digunakan TV, Infokus.

Nah ini nih yang terakhir,, klo untuk penangkap suara pasti kita tau (yang biasa kita gunakan untuk bernyanyi..nyanyi ) dan yang pasti adalah MIC, dan untuk mengeluarkan suara adalah SPEAKER.

Okelah sobat semuanya,, mata udah mulai mengantuk nih… besok gua sambung lagi deh.. kalo ingat yachhhhhh

GOOD NIGHT…  🙂

Post Metadata

Date
July 5th, 2010

Author
Samsul Anwar

Category

Tags